Asyiknya mempelajari metode penelitian komunikasi terkait studi kasus,Etnografi Komunikasi dan Etnografi Virtual
Hay
guys berjumpa lagi ini dengan blog pribadi saya yang pastinya kalian
sehat-sehat aja ya …ya saya pun berharap begitu ..bagaimana ni dengan puasa nya
apakah kalian masih sehat dan masih kuat yang pastinya harus kuat dong hehehe
apalagi yang puasa nya sambil kerja harus semangat ya cari cuan nya walaupun
badan kadang lemes eh jadi curhat ni gue singkat cerita di segmen pertemuan
blog kali ini saya akan memberi kan asyik nya mempelajari ilmu dalam metode
penelitian komunikasi terkait study kasus,etnografi komunikasi dan virtual
pastinya kalian penasaran bukan ayok ikuti terus dan jangan lupa baca ya
artikel blog saya …
Studi kasus
Studi kasus didefinisikan oleh Tellis sebagai metode
penelitian yang memiliki unit analisis yang lebih mengacu pada tindakan
individu atau lembaga dibandingkan dengan diri individu maupun lembaga itu
sendiri,dapat dikatakan studi kasus lebih berfokus pada tindakan atau perilaku
yang dihasilkan.
Creswell dalam bukunya berjudul
“Qualitative inquiry And Research Design”mengungkapkan
lima tradisi penelitian yaitu:biografi,fenomenologi,grounded theory study,studi
kasus dan etnografi.
Istilah studi kasus berasal dari bahasa inggris dari
frase “case study”(study kasus).yin (1996) menyatakan bahwa studi kasus adalah
pencarian pengetahuan secara empiris yang menyelidiki fenomena dalam kontesks
kehidupan nyata bilamana:batas-batas antara fenomena dan konteks tidak tampak
dengan tegas dan dimana multisumber bukti digunakan.teori yang digunakan dalam
studi kasus ini ada 2 golongan yakni studi kasus Retrospektif (Retrospective
Case Study)yang memungkinkan ada tindak lanjut penyembuhan atau perbaikan dari suatu
kasus(trearment) tindak penyembuhan tidak harus dilakukan oleh peneliti,tetapi
olehorang lain yang kompeten.peneliti hanya memberikan masukan dari hasil
penelitian.sedangkan studi kasus yang kedua kita bisa memakai teori studi kasus
prospektif (prospective case study) diperlukan untuk menemukan kecenderungan
dan arah perkembangan suatu kasus.tindak lanjiutnya berupa penelitian tindakan
(Action Research) yang dilakukan juga oleh pihak lain yang berkompeten.selain
untuk mengetahui studi kasus dari sebuah kejadian selain wartwan ada 5 teknik
pengumpulan data penelitian studi kasus yakni dokumentasi,obeservasi
langsung,observasi terlibat(participant observation),dan artifak fisik.dari
segi penelitan teori studi kasus diatas dapat membantu kita dalam memecahkan
suatu kejadian perkara yang akan kita teliti kita bisa menggunkan 2 teori
tersebut dan disamping itu juga untuk lebih kuat nya kita harus memakai 5 teknik dalam melakukan studi kasus tadi supaya hasil nya akan sangat akurat terkait
kita untuk mendapatkan bukti dan dukungan dari suatu kasus kejadian tersebut
dengan memiliki bukti-bukti tersebut baru lah kita bisa menarik kesimpulan dan
hasil akhir yang sangat baik baik dari tempat,waktu kejadian bahkan hal-hal
yang menyebabkan adanya kasus dalam studi yang kita teliti.
Contoh
1.studi kasus yang saya baca dari dosen yakni Analisis
Perencanaan & Strategi Komunikasi Birokrasi:studi kasus tentang
implementasi Program Jenjang Akademik Dosen di kopertis wilayah II palembang.
2.Tradisi Mondosiyo dalam perspektif pendidikan studi
kasus tradisi bersih desa mondosiyo,didesa pancot,kalisoro,Tawangmangu.
3.pengaruh komunikasi keluarga terhadap kenakalan
remaja ,studi kasus dikelurahan tamansari ,kerjo,karanganyar.
Etnografi
Komunikasi
Penelitian etnografi adalah metode kualitatif dimana peneliti
mengamati dan berinteraksi dengan subjek yang diteliti dilingkungan kehidupan
nyata mereka ,etnografi dipopulerkan oleh antropologi tetapi digunakan
diberbagai ilmu sosial.macam-macam jenis etnografi yakni
1.holistik dimana peneliti harus memiliki empati dan
melakukan identifikasi terhadap kelompok.mereka harus hidup seperti orang
lokal.
2. semiotik dimana peneliti memeriksa bentuk simbolis
yang digunakan oleh orang-orang dan menganalisisnya sehubungan dengan seluruh
budaya yang berkembang dalam suatu kelompok.
3.kritis yakni dimana peneliti mencoba mengungkap apa
yang biasanya tersembunyi dan tidak terucapkan dalam budaya dan mencari pada
asumsi.
Adapun ciri-ciri penelitian etnografi yakni analisis
data dilakukan secara holistik bukan
parsial dan cara menuliskan penelitian etnografi yakni memilih proyek
etnografi,menanyakan proyek etnografi,mengumpulkan data etnografi,membuat
catatan etnografi,menganalisis data etnografi,menulis laporan etnografi.
Contoh
etnografi komunikasi yakni:
1.Media Komunitas dan Konstruksi Identitas kelokalan
(studi etnografi tentang wong kito.net bagi blogger”wong kito”dikota palembang)
2.perkembangan komunikasi masyarakat suku baduy dalam
menerima pendatang(orang baru )
3.Tradisi ziarah kubro dalam rangka menyambut bulan
suci ramadhan didalam agama islam kota palembang.
Jadi etnografi komunikasi itu harus melakukan kegiatan
nyata ya,, yang terjadi baik dilingkungan sekitar ataupun dilingkungan diluar
si peneliti dengan melakukan pendekatan terhadap subjek dunia nyata sebagai
komunikasi jembatan dalam penelitian ini kita dapat mengetahui dalam melakukan
pengamatan terkait yang kita teliti mulai adat istiadat,kebiasaan , cara
pandang masyarakat bahkan budaya-budaya masyarakat yang selalu dijadikan
patokan bagi sipeneliti yang langsung berhubungan dengan terjun langsung dengan
masyrakat sekitar nya guna untuk mendapatkan berbagi informasi terkait
sipeneliti.
Etnografi
Virtual
Cristine Hine (2000,2015) menyatakan bahwa etnografi
virtual merupakan metodologi yang digunakan untuk menyelidiki internet dan
melakukan eksplorasi terhadap entitas(users) saat menggunakn internet tersebut.etnografi
virtual juga merepresentasikan implikasi-implikasi dari komunitas termediasi
internet.
Teori utama yang digunakan dalam etnografi virtual
yakni adanya teori dari para ahli GAUNTLETT(2000) New Media
Studies,Gauntlett(Gauntlett,silver & Cheung,2000:3) menyebutkan bahwa
kajian-kajian terhadap media,khususnya di abad ke -20 dan di masyarakat akademis
barat,telah memasuki abad pertengahan dengan maksud kajian media telah
mendekati titik kulminasi atau dalam istilahnya disebut sebagai “media studies
was nearly dead: long live new media studies”
jadi etnografi virtual ini banyak berhubungan dengan media
apa saja tekait pihak-pihak siapa saja yang melakukan eksplorasi terhadap
internet,beda hal nya etnografi komunikasi ia hanya melakukan penelitian
terhadap subjek dunia nyata sedangkan virtual melalui media atau internet jadi
pihak-pihak tertentu bisa meneliti dengan menggunakan beberapa teori menurut
para ahli sebagai refrensi dalam melakukan penelitian terkait kasus dalam
penggunaan media internet.
Contoh nya
1.Analisis Media Siber dalam etnografi virtual (studi
kasus famtrip Genpi Sumatera Selatan ke lahat dan pagaralam tahun 2017)
2.Interaksi sosial Role –Player didunia Virtual (studi
Etnografi Virtual Pada pengguna Akun Role-play dimedia sosial Twitter )
3.Eksistensi Diri Remaja penggemar Budaya K-pop di
instagram (studi Etnografi Virtual pada fandom ARMY jogja)
Demikianlah
blog yang saya buat semoga bermanfaat ya temen-temen ,,karena dunia penelitian
itu sangat luas ternyata banyak beberapa teori yang sangat menarik menurut para
ahli yang kita ketahui untuk dituangkan dalam penelitian sampai jumpa di
segmen-segmen blog saya selanjut nya ya temen-temen tetap semangat sayangi diri
kalian kalau buka kalian siapa lagi xixixi terimakasih …salam komunikasi.
Komentar
Posting Komentar